Membuat SIM C di Polrestabes Bandung: Murah, Mudah, dan Cepat!

Membuat SIM C di Polrestabes Bandung: Murah, Mudah, dan Cepat!

Biaya penerbitan SIM

Golongan SIMBiaya
SIM C BaruRp. 100.000,-
SIM C PerpanjanganRp. 75.000,-
SIM C I BaruRp. 100.000,-
SIM C I PerpanjanganRp. 75.000,-
SIM C II BaruRp. 500.000,-
SIM C II PerpanjanganRp. 350.000,-
SIM A PerseoranganRp. 120.000,-
SIM A UmumRp. 120.000,-
SIM A PerpanjanganRp. 80.000,-
SIM B I PerseoranganRp. 120.000,-
SIM B I BaruRp. 120.000,-
SIM B I PerpanjanganRp. 80.000,-
SIM B II PerseoranganRp. 120.000,-
SIM B II UmumRp. 120.000,-
SIM B II Perpanjangan Rp. 80.000,-
SIM D BaruRp. 50.000,-
SIM D PerpanjanganRp. 30.000,-
SIM D I BaruRp. 50.000,-
SIM D I PerpanjanganRp. 30.000,-

Tabel biaya penerbitan SIM di atas adalah di luar biaya Asuransi Bhakti Bhayangkara sebesar Rp. 30.000,-. Namun, asuransi tersebut sifatnya tidak wajib dan Anda berhak menolak apabila tidak menginginkan asuransi tersebut.

Biaya penerbitan SIM Polrestabes Bandung



Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Untuk lama proses pembuatan SIM baru di Polrestabes Bandung tergantung kepada banyaknya masyarakat yang ingin membuat SIM dan juga kesiapan alat serta personel dari Satpas Polrestabes Bandung.

Biasanya akan terjadi penumpukan pada saat di Loket 5 Uji Simulasi karena waktu yang diberikan untuk tes terbilang lama yaitu 5 menit per orangnya. Antrian akan menumpuk apabila simulatornya mengalami kendala teknis sehingga tidak bisa digunakan untuk simulasi.

Apabila Anda datang pukul 09.00, maka Anda akan berada di Loket 6 Uji Praktek pada sekitar pukul 14.00 – 15.00 karena proses akan dihentikan sementara pada pukul 12.00-13.00 untuk jeda istirahat.

Di bawah ini adalah jadwal penerimaan pendaftaran antrian pembuatan dan perpanjangan SIM di Satpas Polrestabes Bandung.

Apabila Anda telah mendaftar sebelum loket pendaftaran ditutup, maka Anda akan dilayani proses pembuatan SIM hingga selesai hari itu juga. Jangan khawatir apabila akan dilanjutkan di kemudian hari, kecuali apabila ada kerusakan alat yang ada di Satpas yang tidak bisa diperbaiki hari itu juga.

Bagaimana kalau gagal di tahapan pengujian?

Apabila gagal di salah satu tahapan pengujian, maka Anda diperkenankan kembali mengulang pada 7 hari setelahnya. Pada umumnya, banyak yang gagal di Uji Simulasi dan Uji Praktek. Untuk Uji Teori, Anda bisa mempelajari kisi-kisinya melalui situs resmi Korlantas Polri di http://korlantas.polri.go.id/test-simulasi-sim-c.

Kisi-kisi soal ujian teori SIM C

Selain itu juga, Anda bisa melakukan simulasi Uji Teori melalui situs yang sama di http://korlantas.polri.go.id/latihan-ujian dengan 30 soal yang harus diselesaikan.

Latihan Ujian Teori SIM C

Keseluruhan tahapan pembuatan SIM di atas adalah untuk SIM C. Namun, secara umum untuk penerbitan SIM yang lain juga hampir sama proses tahapan pembuatannya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Apabila ada pertanyaan ataupun informasi tambahan, bisa Anda tambahkan pada kolom komentar pada artikel ini. Terima kasih.

Baca juga: Info terbaru Perpanjangan dan Pembuatan di SIM Polrestabes Bandung

46 Replies to “Membuat SIM C di Polrestabes Bandung: Murah, Mudah, dan Cepat!”

    1. Jangan nyerah. Saya juga gagal sekali uji prakteknya.
      Bisa dilihat tutorialnya di Youtube atau bisa juga belajar di sekolah mengemudi motor.

    1. Setahu saya, tidak harus ulang dari awal. Kalau yang tertera di kertas ujian itu tanggal minimal kita hadir di ujian ulang praktek.

    1. Buka kang.
      Untuk pendaftarannya hingga pukul 10.00 WIB, tetapi pelayanannya hingga antrian hari itu habis atau sekitar pukul 15.00 WIB.

    1. Biaya tes kesehatan: 40 ribu
      Biaya pembuatan SIM C baru: 100 ribu (sudah termasuk biaya simulator sesuai PP 60/2016)
      Biaya asuransi : 50 ribu (tidak wajib)

    1. Penukaran resi SIM setahu kami hanya bisa ditukar di tempat asal perpanjangan SIM sebelumnya, tapi bisa dicoba ke Satpas Polrestabes Bandung.

  1. Min, denger denger untuk sekarang yg ingin membuat sim baru harus melampirkan sertifikan safety driving lokasi di lotte mart soekarno hatta bandung. Apabila tidak ada sertifikat otomatis tidak bisa membuat sim. Mohon pencerahannya?

        1. Tetap ikut ujian praktek.
          Pelatihan safety driving berguna untuk memperlancar ujian praktek, jadi nanti sudah terbiasa dan tidak grogi ketika ujian praktek di Satpas Polrestabes Bandung.

    1. Surat keterangan sehat bisa dibuat di dekat polrestabes, tanya saja dengan petugasnya. Nanti praktek dokternya masuknya dari gang gitu.

    1. Bisa dicoba esok hari.
      Kalau masih tidak bisa, silakan datang langsung ke Satpas Polrestabes Bandung Jalan Jawa No. 1

    1. Setahu saya, tidak ada batasan. Kalau untuk kisi-kisi soal ujian teori bisa cari di situs Korlantas Polri. Saya juga belajar dari sana.

      1. Kalo kisi²nya bisa liat dimana yah webnya?? Saya cek soalnya lagi error.. Baru aja tadi pagi saya tes teori di polrestabes bandung beda sama kisi² yang ada di internet.. Soalnya pake visual suara, disananya disediakan headset jadi saya bingung sih.. Jawaban yang tersedia hanya BENAR/SALAH bukan seperti soal dulu A,B,C,D

  2. Mohon pencerahannya, ketika tes SIM A di Polrestabes Bandung jalan Jawa, ada yang bilang buat sertifikat dulu di LotteMart yang biayanya mungkin sekitar 500 ribu. Sehingga bisa membantu nanti ketika kembali tes lagi. Apakah pembuatan sertifikat di LotteMart tersebut legal/resmi, ataukah itu termasuk bagian dari calo juga? Terimakasih

    1. Sertifikat bukan persyaratan untuk pembuatan SIM A baru. Jadi, kalaupun tidak ada sertifikat, tetap berkesempatan untuk mendapatkan SIM A. Hanya saja, apabila telah melewati kursus mengemudi di Lottemart sana, diharapkan nanti ketika ujian di Satpas Polrestabes bisa lebih lancar.

  3. Kang, untuk pembuatan SIM kalo datang pagi baiknya mendahulukan membuat Surat Keterangan Kesehatan di Gangnya yg sebelah atau kita registrasi dulu ke Polrestabes ?

    1. Bisa langsung ke dokter yang di gang itu, biar tidak bolak balik. Nanti fotokopi KTPnya distaples bersamaan dengan surat keterangan kesehatan di dokter itu.

      1. Mau nanya, mas, itu gang yang dimaksud (tempat dokter untuk pemeriksaan kesehatan), berada dalam wilayah kantor polrestabes atau di luarnya, mas? Trus, untuk pemeriksaan kesehatan tsb apakah hrs disana atau bisa di tempat dokter praktek lainnya, seperti praktek dokter di apotek?
        Maaf, krn saya nanyanya banyak, soalnya baru pindah ke Bandung, jadi masih buta seluk beluk di Bandung..

        1. di luar wilayah Polrestabes, seberang jalan kecil, nanti ikuti aja banyak orang-orang ke arah sana, posisinya di sebelah timur Polrestabes.
          Bisa di tempat lain juga, tapi sebaiknya di sana saja karena sudah sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan SIM.
          Takutnya kalau di tempat lain, ternyata ada tes yang tidak dilakukan, jadi kemungkinan bisa ditolak di Polrestabes nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: