Siaran TV Digital di Bandung

Siaran TV Digital di Bandung

Bagi Anda yang sering menonton acara di televisi, pasti menginginkan gambar yang jernih dari siaran televisi tersebut. Dulu, siaran televisi (TV) hanya ada satu jenis, yaitu siaran televisi analog. Kini, siaran TV digital sudah mulai berkembang di Indonesia

Apa perbedaan antara analog dan digital?

Perbedaan yang sangat signifikan antara siaran analog dan digital terletak pada kejernihan gambar yang dihasilkan.

Apabila pada siaran analog, gambar yang dihasilkan bisa buram, berbayang, atau bahkan cenderung bersemut, maka lain halnya dengan siaran digital.

Pada siaran digital, gambar akan terlihat jelas dan jernih apabila antena TV Anda menangkap sinyal digital. Jika tidak ada sinyal, maka saluran TV tersebut tidak akan ditampilkan.

Apakah siaran digital sudah pasti memiliki resolusi HD (High Definition)?

Tidak. Sebagian besar siaran digital yang ada saat ini di Indonesia tidak memiliki resolusi HD. Namun, pada umumnya, siaran yang beresolusi HD sudah dihadirkan melalui siaran digital.

Siaran TV Digital
Penjelasan televisi digital. (Sumber: Inspira TV)

kuota internet murah

Saluran TV Digital di Bandung

Untuk daerah Bandung dan sekitarnya, ada 14 saluran TV digital yang tersedia, yaitu:

  1. METRO TV
  2. METROTV HD
  3. TVRI Nasional
  4. TVRI 3
  5. TVRI 4
  6. PERSADA TV
  7. INSPIRA TV
  8. NUSANTARA TV
  9. TVRI-Jabar
  10. CNN INDONESIA
  11. NET. SD
  12. TVRI-JABAR LPM 2
  13. TRANS 7 HD
  14. TRANS TV HD

Walaupun nama salurannya bertuliskan “HD”, tidak berarti bahwa siarannya pun memang HD, tetapi bisa jadi hanya SD (Standard Definition).

Pada umumnya, stasiun TV yang menyiarkan siaran HD akan memberi logo tambahan di samping kanan layar berupa akronim “HD”.


Baca juga: Channel TV Digital Bandung dan Sekitarnya 2021

Bagaimana caranya untuk menikmati siaran digital?

Apabila televisi Anda masih analog (biasa), maka Anda bisa menambahkan alat tambahan berupa set top box agar Anda bisa menikmati siaran digital.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencolokkan kabel antena ke set top box, lalu hubungkan dari set top box tersebut ke televisi dengan menggunakan kabel AV (Audio Video).

Saat ini, ada beberapa jenis televisi yang sudah dilengkapi oleh penerima sinyal digital televisi dengan jenis DVB-T2 (Terrestrial) atau pun DVB-S2 (Satellite).

27 Replies to “Siaran TV Digital di Bandung”

      1. saya tinggal di dekat sabuga tapi chanel tv digital hanya 2, yaitu no. 1 dan 2 dr list di atas.
        TV saya sudah tv digital dan bisa menerima sinyal. tapi kok tidak bisa dapat semua chanel?
        mohon bantuannya

        1. Sepertinya beda lokasi, beda pula sinyal penerimaan siaran digitalnya. Memang yang paling lengkap siaran digitalnya ada di daerah Jakarta dan sekitarnya.

      2. Saya tinggal di cijerah, cimahi yang ketangkep hanya trans7 hd sama metro tv, inspira tv, sama metro tv hd.. itu aja

        1. Di Bandung, rata-rata seperti di artikel atas saluran digitalnya, sekarang ditambah dengan Magna Channel, bagian dari grup Metro TV.

  1. Saya tinggal di daerah kircon, semua channel digital yg disebutkan di atas tertangkap semua kecuali net tv.. just share information

    1. Ada channel baru juga namanya Magna Channel, grup Metro TV. Mungkin bisa dicari ulang agar bisa mendapatkan saluran tersebut.

    1. Saya di daerah Majalaya dpt siaran digital nya 24. Sayang sekali tvĀ² mncgroup di Bandung blm ada digitalnya..

  2. adakah yg udah coba di daerah Rancaekek?
    mau beli stb yg digital tp pengen bisa nangkep yg analog juga kira-kira ada gak ya stb nya?

    1. Harus pakai TV Tuner untuk bisa menangkap siaran TV digital, tidak bisa menggunakan antena biasa, walau ada tulisan digital di box antenanya. Kecuali, TV Anda sudah dilengkapi DVB-T2.

    1. Kalau untuk arah antenanya disamakan saja dengan yang analog. Kualitas siaran digital selalu bagus, jika pun kualitas sinyalnya buruk maka tidak akan menjadi channel / siaran TV.

  3. Didaerah setia budi dekat secapa bagusnya pake antena luar kah min…soalnya pake antena indoor siarannya saja kurang bagus apalagi yg digital, mohon infonya min sama rekan2 mungkin ada yg sdh coba

    1. Antena indoor kadang memang begitu, sinyalnya terhalang dinding / tembok. Biasanya kalau sudah menggunakan antena luar yang tidak terhalang tembok, bisa bagus siarannya.

    1. Kemungkinan antenanya gak menangkap sinyal tv digitalnya karena pada dasarnya tv digital hanya terima sinyal baik atau tidak ada sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *