Tarif Argo Blue Bird Bisa Lebih Murah dari Go-Car?

Tarif Argo Blue Bird Bisa Lebih Murah dari Go-Car?

Taksi dalam jaring (online) menawarkan tarif perjalanan yang kompetitif dibandingkan dengan taksi konvensional, seperti taksi Blue Bird. Akan tetapi, tarif argometer yang ditampilkan Blue Bird bisa lebih murah dari tarif yang tertera di aplikasi Go-Car.

Umumnya, pihak perusahaan transportasi dalam jaring (online) menggunakan layanan Google Maps untuk menentukan rute perjalanan dan jarak tempuh, seperti dikutip dari media daring, Tirto ID.

Sebagai implikasinya, tarif perjalanan yang harus dibayarkan penumpang akan ditentukan dari perhitungan oleh Google Maps. Ketika Google Maps tidak bekerja secara baik, maka harga yang ditampilkan tidak sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

Hal ini akan membuat tarif Gocar lebih mahal dari tarif argometer taksi Blue Bird.

Ketidaktepatan Google Maps menentukan rute perjalanan

Pada jalan utama yang mempunyai banyak lajur yang kemudian terbagi menjadi lajur cepat dan lajur lambat, seperti jalan bypass, seringkali Google Maps tidak memberikan navigasi yang optimal.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa putaran (U-Turn) dan juga ada ruas jalan yang diperuntukkan pergantian lajur lambat ke lajur cepat, dan sebaliknya.

Contohnya:

Pemesanan Go-Car dan Go-Bluebird memberikan rute yang sama, namun dengan harga yang berbeda karena perbedaan tarif dasar per kilometer.

Blue Bird Lebih Murah Go-Car
Rute perjalanan Go-Car dan Go-Bluebird sama dengan Google Maps

Dengan rute perjalanan seperti di atas, maka jarak yang harus ditempuh penumpang adalah 10,8 kilometer.

Sementara, pada aplikasi Waze, rute perjalanan hanya sejauh 3,3 kilometer. Dengan demikian, ada selisih 7,5 kilometer.

Tarif buka pintu Taksi Blue Bird untuk wilayah Kota Bandung adalah Rp8.500 dan tarif per kilometer sebesar Rp4.400, maka argometer Blue Bird adalah Rp8.500 + (Rp4.400 x 3,3) = Rp23.020.

Apabila memakai Go-Car bisa hampir 2x lipat sekitar Rp43.000.

Rute Waze (biru) dan rute Google Maps (hijau)

Bagaimana cara agar mendapatkan tarif yang lebih murah?

Untuk mendapatkan tarif yang lebih murah, gunakan saja Go-Bluebird, lalu minta perjalanan dengan rute terdekat. Biasanya, sopir taksi Blue Bird sudah hapal rute mana saja yang lebih dekat dan cepat.

Ketika perjalanan berakhir, nanti sopir Blue Bird akan memasukkan tarif yang tertera di argometer pada aplikasi khusus sopir Go-Bluebird. Penumpang akan membayar sesuai dengan tarif argometer dan bisa mendapatkan potongan harga apabila ada promo dari pihak Gojek, baik itu voucher maupun diskon Gopay.

Jadi, bisa saja tarif taksi Blue Bird lebih murah dari Go-Car.

Baca juga: Tarif Blue Bird dan Gocar, Murah Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: